PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN AJAR CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH DI MAN 4 BONE

YULIANA, YULIANA (2020) PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN AJAR CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH DI MAN 4 BONE. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI YULIANA.pdf] Text
SKRIPSI YULIANA.pdf

Download (937kB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar Aqidah Akhlak untuk kelas X IPA 1 MAN 4 Bone sebelum menggunakan bahan ajar cetak diperoleh hasil belajarnya yang tergolong cukup dimana hasil belajar ≥ 75 KKM mencapai 73,53%, dan hasil belajar ≤ 75 KKM sebesar 26,47 %. Sedangkan untuk kelas X IPA 2 MAN 4 Bone dimana hasil belajar Akidah Akhlak masih tergolong rendah yaitu ≥ 75 KKM mencapai 48,38% dan hasil belajar ≤ 75 KKM
sebesar 51,61 %. Namun setelah guru Akidah Akhlak memanfaatkan bahan ajar cetak pada kegiatan belajar hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sehingga memiliki pengaruh yang positif pada hasil belajar dengan pencapaian nilai belajar ≥ 75 KKM. Pengaruh pemanfaatan bahan ajar cetak terhadap hasil belajar Aqidah
Akhlak di MAN Bone menurut peserta didik memiliki dampak yang positif. Sehingga hipotesis H0 tidak diterima dan H1 dapat diterima xivdimana nilai a= 6.124.460, dan b= 84.826. Jika nilai signifikansi lebih kecil dari probabilitas 0.05 mengandung arti bahwa ada pengaruh pemanfaatan bahan ajar cetak (X) yang positif terhadap
tingkat hasil belajar Aqidah Akhlak (Y). Dan jika nilai signifikansi (sig) lebih besar dari probabilitas 0.05 mengandung arti bahwa tidak ada pengaruh pemanfaatan bahan ajar cetak (X) yang positif terhadap tingkat hasil belajar Aqidah Akhlak (Y).

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:16
Last Modified: 29 Mar 2021 01:16
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item
View Item