PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMPN 37 SINJAI

NURHIDAYA, NURHIDAYA (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMPN 37 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of NURHIDAYAH.pdf] Text
NURHIDAYAH.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMPN 37 Sinjai yang pernah melakukan konseling individu. Adapun metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan dokumen. Sedangkan analisi datanya menggunakan Uji Validitas dan Realibilitas, Uji Normalitas, Uji Hipotesisi dengan bantuan Soft ware PSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara layanan konseling individu terhadap perilaku disiplin siswa melalui model rumus regresi linear sederhana diperoleh hasil Y = 6, 234 + 0,854 X. Sedangkan hasil dari perhitungan uji T dengan
menggunakan rumus regresi linear sederhana diperoleh T hitung ( 6,095) > Ttabel (2,093) artinya bahwa terdapat pengaruh positif layanan konseling terhadap perilaku disiplin peserta didik di SMPN 37 Sinjai. Sedangkan melalui uji koefisien determinasi bahwa R Square = 0, 632 atau setara dengan 63,2%. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa pengaruh layanan konseling individu terhadap perilaku disiplin peserta didik di SMPN 37 Sinjai mempunyai pengaruh 63,2% sedangkan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi layanan konseling maka semakin tinggi juga tingkat kedisiplinan peserta didik.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Fakultas/Jurusan: Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 08 Dec 2021 08:51
Last Modified: 08 Dec 2021 08:51
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item
View Item