DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA IAI MUHAMMADIYAH SINJAI

HIDAYAH, NURUL (2021) DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA IAI MUHAMMADIYAH SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of NURUL HIDAYAH.pdf] Text
NURUL HIDAYAH.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus II materi integral tak tentu dan integral tentu. (2) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus II materi integral tak tentu dan integral tentu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Tadris Matematika semester II yang sedang mempelajari mata kuliah Kalkulus II. Adapun metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar mahasiswa
pada mata kuliah kalkulus II materi integral tak tentu dan tentu Program Studi Tadris Matematika IAI Muhamadiyah Sinjai terdapat 2 kesulitan belajar, yaitu kesulitan pemahaman konsep dan kesulitan penyelesaian soal. Kesulitan pemahaman konsep pada subjek YSY, yaitu tidak dapat memahami dan mencermati
maksud soal serta tidak tahu penerapan rumus, sedangkan subjek ASR bingung dalam menerapkan rumus dalam soal. Kesulitan penyelesaian soal pada subjek YSY, yaitu kurangnya ketelitian dalam menulis soal dan tidak memeriksa kembali
jawaban yang telah dikerjakan. Sedangkan subjek ASR, yaitu kesulitan dalam memahami langkah penyelesaian soal dan kesulitan dalam berhitung. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata kuliah kalkulus II
materi integral tentu dan tak tentu subjek YSY adalah dengan mencari bantuan atau sumber materi serta perlunya kuliah vi offline, sedangkan subjek ASR adalah menumbuhkan minat dalam belajar dengan memperbanyak latihan soal, mencari materi yang kurang dipahami dan motivasi belajar yang perlu diberikan.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: asriani
Date Deposited: 23 Dec 2021 08:36
Last Modified: 18 Jul 2022 00:51
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item
View Item