SUMARNI, SUMARNI (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK KELAS II DI SDN 3 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
SUMARNI.pdf
Download (3MB)
Abstrak
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program sekolah
ramah anak dalam mengembangkan karakter kemandirian anak kelas II dan III di
SDN 3 Sinjaiyaitu memiliki lingkungan yang aman dan nyaman serta terbuka,
melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan kehidupan sosial, dan
juga menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak, pelaksanaan prinsip sekolah
ramah dengan sistem tanpa kekerasan, tanpa adanya diskriminasi,
mempertimbangkan kepentingan terbaik bagi anak, menciptakan perlindungan yang
menjamin keberlangsungan dan perkembangan anak, menghormati pandangan anak,
dan adanya pengelolaan sekolah yang baik. Memberikan penanaman karakter
tentang percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, pandai bergaul, saling berbagi
serta mengendalikan emosi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran tidak
memberatkan siswa, faktor pendukung dalam proses implementasi program sekolah
ramah anak di SDN 3 Sinjai adanya dukungan dari pemerintah dan komitmen semua
pihak yang ada di SDN 3 Sinjai, sarana dan prasarana yang memadaiyang
mendukung sehingga proses pembelajaran berjalan lancar. Adapun faktor
penghambatnya yaitu adanya penyebaran covid-19 sehingga proses pembelajaran
kurang efektif
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 07:15 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 10:35 |
URI: | http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/655 |