AGUNG, AGUNG (2019) PERAN GURU KELAS DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPRES 12/79 BANA KECAMATAN BONTOCANI KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
![[thumbnail of Agung.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Agung.pdf
Download (2MB)
Abstrak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya bullying di Sekolah Dasar Inpres 12/79 Bana dengan hasil sebagai berikut: (1) kurangnya pengetahuan guru mengenai bullying, serta pendapat guru yang mengatakan kenakalan di sekolahnya masih wajar, (2) reaksi yang di tunjukkan korban adalah diam, takut, atau menangis; pelaku menunjukkan perilaku acuh dan senang; sedangkan penonton menunjukkan reaksi, melawan pelaku, membela korban atau diam; (3) bentuk bullying yang terjadi adalah bentuk fisik (memukul dengan gagang sapu, memukul dengan tangan, mendorong) dan non fisik (verbal: mengancam, memaksa, menyoraki, meledek; non verbal langsung: membentak, memarahi, memerintah, menunjuk-nunjuk dengan jari; non verbal tidak langsung: pengucilan); (4) Peran guru kelas terhadap bullying di sekolah pada siswa kelas IV di SD Inpres 12/79 Bana yaitu sebagai orang yang pendidik dan membimbing atau memberi nasehat dan mengarahkan serta membina siswa sehingga dapat mengatasi kasus atau masalah yang terjadi mengenai bullying dan agar dapat meminimalisir bullying yang terjadi disekolah, sehingga perilaku siswa menjadi lebih baik
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 23 Jul 2022 08:48 |
Last Modified: | 23 Jul 2022 08:48 |
URI: | http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/741 |