SARINA, SARINA (2022) PENGARUH LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 163 LEMPANGAN. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
SARINA_PGMI (018).pdf
Download (4MB)
Abstrak
Hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 diperoleh: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN 163 Lempangan, diperoleh nilai koefisien 0,839 nilai Thitung 3,147 ˃ Ttabel 2,16 maka dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh positif lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 31,47% dan sisanya 68,53% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan nilai Sig. 0,008 ˂ 0,05. (2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN 163 Lempangan, diperoleh nilai koefisien 0,773 nilai Thitung 1,075 ˂ Ttabel 2,16 maka dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 10,75% dan sisanya 89,25% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan nilai Sig. 0,302 ˃ 0,05. (3) Lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN 163 Lempangan, nilai Fhitung ˃ Ftabel , yaitu 37,322 ˃ 3,81 dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebeasar 37,32% dan sisanya sebesar 62,68% dipengaruhi oleh faktor lain, dan taraf nilai Sig. 0,000 ˂ 0,05.
| Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
|---|---|
| Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | asriani |
| Date Deposited: | 12 Dec 2022 10:18 |
| Last Modified: | 12 Dec 2022 10:18 |
| URI: | http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/777 |
