HUBUNGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB TERHADAP PENGHAFALAN AL-QUR’A DI PONDOK PESANTREN DARUL ABRAR

A, AKBAR (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB TERHADAP PENGHAFALAN AL-QUR’A DI PONDOK PESANTREN DARUL ABRAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSI AKBAR A.pdf] Text
SKRIPSI AKBAR A.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam berbahasa Arab agar terjaga dan terpelihara keabadiannya. Hubungan kemampuan berbahasa Arab terhadap penghafalan Al-Qur’an sangat berhubungan erat dengan penguasaan bahasa arab karna Al-Qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad di tanah arab dengan berbahasa Arab. Bagi seorang penghafal Al-Qur’an, kemampuan berbahasa arab sangat mendukung dalam mengatasi kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an karena dengan memahami kaidah-kaidah dalam bahasa Arab dan arti/makna dari ayat yang akan dihafalkan maka akan memudahkan santri menghafal. Bahasa Arab adalah salah satu alternatif paling ampuh dalam menuntaskan kesulitan Santri dalam menghafal Al-Qur’an. Belajar bahasa Arab memiliki banyak manfaat, terutama dalam menghafal Al-Qur’an sangat memberikan kemudahan. Pembelajaran bahasa Arab sangat berhubungan terhadap penghafalan Al-Qur’an, salah satunya adalah memberikan kemudahan dalam menghafal Al-Qur’an, sebab dengan belajar bahasa Arab bisa memahami makna Al-Qur’an yakni mudah dalam mengingat, cepat dalam menghafal, dan lebih teliti dalam menghafal. Serta terasa nikmat dalam penghafalan Al-Qur’an. Bahasa Arab sangat berhubungan erat dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an bagi Santri.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: asriani
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:29
Last Modified: 12 Jan 2024 01:29
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item
View Item