A, AKBAR (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB TERHADAP PENGHAFALAN AL-QUR’A DI PONDOK PESANTREN DARUL ABRAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
![[thumbnail of SKRIPSI AKBAR A.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AKBAR A.pdf
Download (2MB)
Abstrak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam berbahasa Arab agar terjaga dan terpelihara keabadiannya. Hubungan kemampuan berbahasa Arab terhadap penghafalan Al-Qur’an sangat berhubungan erat dengan penguasaan bahasa arab karna Al-Qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad di tanah arab dengan berbahasa Arab. Bagi seorang penghafal Al-Qur’an, kemampuan berbahasa arab sangat mendukung dalam mengatasi kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an karena dengan memahami kaidah-kaidah dalam bahasa Arab dan arti/makna dari ayat yang akan dihafalkan maka akan memudahkan santri menghafal. Bahasa Arab adalah salah satu alternatif paling ampuh dalam menuntaskan kesulitan Santri dalam menghafal Al-Qur’an. Belajar bahasa Arab memiliki banyak manfaat, terutama dalam menghafal Al-Qur’an sangat memberikan kemudahan. Pembelajaran bahasa Arab sangat berhubungan terhadap penghafalan Al-Qur’an, salah satunya adalah memberikan kemudahan dalam menghafal Al-Qur’an, sebab dengan belajar bahasa Arab bisa memahami makna Al-Qur’an yakni mudah dalam mengingat, cepat dalam menghafal, dan lebih teliti dalam menghafal. Serta terasa nikmat dalam penghafalan Al-Qur’an. Bahasa Arab sangat berhubungan erat dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an bagi Santri.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 01:29 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 01:29 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1343 |