ANALISIS REFLECTIVE LEARNING SEBAGAI PENDEKATAN ALTERNATIF DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 5 SINJAI

ANITA, ANITA (2023) ANALISIS REFLECTIVE LEARNING SEBAGAI PENDEKATAN ALTERNATIF DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 5 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of ANITA.pdf] Text
ANITA.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan, pertama, kualitas pembelajaran PAI
di SMAN 5 Sinjai meningkat dengan pendekatan reflective learning setelah
melalui beberapa fase yaitu reacting, elaborating, dan contemplanting.
Kedua, pendekatan reflective learning memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan yang ditemukan yaitu membantu peserta didik dalam
meningkatkan hasil pembelajaran, mengembangkan pola pikir peserta didik,
mampu memecahkan masalah, menemukan pengalaman belajar mereka
sendiri, meningkatkan kepribadian peserta didik ke arah yang lebih baik.
Sedangkan kekurangan dalam memilih pendekatan reflective learning yaitu
tidak semua peserta didik mampu untuk membagikan pengalaman atau
masalah yang sedang dihadapi sehingga pendidik perlu strategi untuk
meningkatkan kepercayaan diri dan keterbukaan peserta didik dalam belajar.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:43
Last Modified: 22 Jul 2024 03:43
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item
View Item