NASIR, MUH (2021) PERAN TENGKULAK DALAM MEMBANTU PEMASARAN PETANI KAKAO DI DESA TOMPOBULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
SKRIPSI MUH. NASIR.pdf
Download (1MB)
Abstrak
Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran tengkulak dalam pemasaran hasil panen petani kakao sangatlah membatu pemasaran petani kakao di desa tompobulu karna dengan adanya tengkulak, petani sangat mudah menjual hasil panenya (Kakao). Dan tengkulak memiliki jaringan yang lebih luas dalam hal pemasaran kakao di banding petani itu sendiri sehingga petani ini terbantu dengan adanya tengkulak di desa tompobulu. tengkulak mempunyai faktor pendukung dalam pemasaran kakao yaitu (1)Kendaraan yang di miliki oleh tengkulak (2)Akses jalan baik menuju pabrik ini (3)Jaringan pemasaran yang dimiliki tengkulak (4)Kepahaman petani dalam pengeringan kakao sedangkan faktor penghambat yaitu (1)Ketidak stabilan harga (2)Tengkulak juga terhambat di masalah modal (3)Cuaca buruk sangat menhambat.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 30 Dec 2023 02:26 |
Last Modified: | 30 Dec 2023 02:26 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1335 |