ARFIN, ARFIN (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF SYNERGETIC TEACHING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
SKRIPSI ARFIN.pdf
Download (4MB)
Abstrak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar yang
dimiliki oleh peserta didik sebelum dan setelah perlakuan berupa penerapan
strategi pembelajaran aktif synergetic teaching mengalami peningkatan. (2)
Penerapan strategi pembelajaran aktif synergetic teaching efektif untuk
digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII ditinjau dari motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Sinjai, Kec. Sinjai
Barat, Kab. Sinjai. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan,
menunjukkan skor nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik mengalami
peningkatan dari sebelum penerapan strategi pembelajaran aktif synergetic
teaching sebesar 85, 17 dengan standar deviasi 7,861 dan varians 61, 79.
Menjadi 87,57 dengan standar deviasi 7,38, dan varians 54,46 setelah
penerapan strategi pembelajaran aktif synergetic teaching. Sementara itu,
berdasarkan pada hasil uji hipotesis, diperoleh nilai thitung -5,475, lebih kecil
dari ttabel 1,69913, dan nilai signivikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 02:10 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 02:10 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1443 |