EVALUASI PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE TRADING PLACE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MIN 1 SINJAI

YUSNITA, YUSNITA (2023) EVALUASI PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE TRADING PLACE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MIN 1 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSI  yusnita.pdf] Text
SKRIPSI yusnita.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Hasil dari penelitian ini menunjukkan, pertama,
Pelaksanaan strategi belajar aktif tipe trading place dalam
pembelajaran tematik Kelas IV MIN 1 Sinjai melalui 2 tahapan
yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan yaitu
menyiapkan RPP, memilih metode dan menetapkan strategi
belajar aktif, mempersiapkan materi yang akan diajarkan,
menyiapkan media pembelajaran, dan fasilitas penunjang
pembelajaran. Pelaksanaan yaitu dimulai dari kegiatan
awal/pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir/penutup.
Kedua, tahap antecedent (perencanaan) yaitu RPP yang dibuat
guru meliputi; identitas sekolah, identitas mata pelajaran,
materi pokok alokasi waktu, tujuan pembelajaran yang
dirumuskan berdasarkan KD, metode dan strategi
pembelajaran, sumber belajar dan skenario pembelajaran.
Tahap transaction meliputi Kegiatan awal/pendahuluan,
kegiatan inti, dan kegiatan akhir/penutup, berjalan cukup
efektif dimana siswa lebih antusias bertanya, suasana kelas
yang kondusif dalam hal ini siswa lebih tenang mengikuti
rangkaian pembelajaran dan lebih mudah memahami materi.
Tahap outcomes mengenai keterlibatan siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran siswa menjadi lebih berani bertanya dan
meningkatnya keterampilan berpikir siswa dalam memecahkan
masalah pembelajaran. Namun,dalam praktiknya masih ada
beberapa kendala yang dihadapi guru seperti siswa tidak ingin
kerja sama dengan teman kelompoknya juga beberapa siswa
enggan untuk mengemukakan pendapatnya.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 18 May 2024 00:55
Last Modified: 18 May 2024 00:55
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item
View Item