PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ANAK TUNA GRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SINJAI

SANNA, ANDI TENRI (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ANAK TUNA GRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SINJAI. Tesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of tesis TENRI.pdf] Text
tesis TENRI.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Penerapan
strategi pembelajaran direct Instruction padaa mata pelajarann
Pendidikan Agama Islam terhadap anak tunagrahita ringan di
Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Sinjai.
Diberikan dengan cara:meningkatkan kepercayaan diri,
memotivasi untuk berprestasi, memberikan umpan balik,
Melatih keterampilan. (2) Faktorpendukung penerapan strategi
pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam terhadap anak tunagrahita ringan yaitu adanya
lingkungan yang kondusif, adanya sarana dan prasarana,
adanya bahan ajar pembelajaran, dan adanya media
pembelajaran yang tersedia di Sekolah Luar Biasa Negeri 1
Sinjai. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan strategi
pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam terhadap anak tunagrahita ringan di Sekolah
Dasar Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Sinjai yaitu, keterbatasan
anak tunagrahita ringan dalam mengingat pelajaran atau
informasi, keterbatasan kemampuan berbahasa anak tunagrahita
ringan, kurangnya kedisplinan anak tunagrahita ringan dalam
masuk sekolah, Tidak adanya guru pendamping. (3)Solusi
mengatasi faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran
direct instruction pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
terhadap anak tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa
Negeri 1 Kabupaten Sinjai adalah guru harus bisa melakukan
banyak pendekatan secara sosial dan emosional kepada anak
tunagrahita karena dengan pendekatan tersebut guru bisa
menemukan suatu strategi metode yang sangat bermanfaat guna
mengatasi masalah pembelajaran pada anak tunagrahita.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:43
Last Modified: 03 Jul 2024 03:43
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item
View Item