KHAIR, MIFTAHUL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR EMATIK RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IVDI SD NEGERI 1 BALANGNIPA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Skripsi Miftahul Khair.pdf
Download (2MB)
Abstrak
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
antara penggunaan metode pembelajaran Scaffolding terhadap hasil
belajar tematik pada ranah kognitif siswa kelas IV b di SD Negeri 1
Balangnipa. Dengan menggunakan uji analisis regresi linear
sederhana diperoleh nilai fhitung = 19,001 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima. Dengan demikian, ada pengaruh variabel penggunaan
metode pembelajaran Scaffolding (X) terhadap variabel hasil belajar
tematik ranah kognitif siswa (Y). Selain itu, diperoleh angka R
square sebesar 0,514 atau 51,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 51,4%
penggunaan metode pembelajaran Scaffolding berpengaruh terhadap
hasil belajar tematik ranah kognitif siswa, sementara 48,6%
dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitan yang dilakukan oleh
peneliti.
| Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
|---|---|
| Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | asriani |
| Date Deposited: | 05 Aug 2024 00:57 |
| Last Modified: | 05 Aug 2024 01:00 |
| URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1587 |
