PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR EMATIK RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IVDI SD NEGERI 1 BALANGNIPA

KHAIR, MIFTAHUL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR EMATIK RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IVDI SD NEGERI 1 BALANGNIPA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of Skripsi Miftahul Khair.pdf] Text
Skripsi Miftahul Khair.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
antara penggunaan metode pembelajaran Scaffolding terhadap hasil
belajar tematik pada ranah kognitif siswa kelas IV b di SD Negeri 1
Balangnipa. Dengan menggunakan uji analisis regresi linear
sederhana diperoleh nilai fhitung = 19,001 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima. Dengan demikian, ada pengaruh variabel penggunaan
metode pembelajaran Scaffolding (X) terhadap variabel hasil belajar
tematik ranah kognitif siswa (Y). Selain itu, diperoleh angka R
square sebesar 0,514 atau 51,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 51,4%
penggunaan metode pembelajaran Scaffolding berpengaruh terhadap
hasil belajar tematik ranah kognitif siswa, sementara 48,6%
dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitan yang dilakukan oleh
peneliti.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:57
Last Modified: 05 Aug 2024 01:00
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1587

Actions (login required)

View Item
View Item