PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOPERATIVE TIPE LEARNING CELL PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI THAHARAH KELAS VII.A UPTD SMPN 21 SINJAI

HERMAN, HERMAN (2021) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOPERATIVE TIPE LEARNING CELL PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI THAHARAH KELAS VII.A UPTD SMPN 21 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSI HERMAN.pdf] Text
SKRIPSI HERMAN.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas VII.A. Adapun metode
pengumpulan yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian yang telah
dilaksanakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
pada materi thahara dengan menggunakan metode
pembelajaran cooperative tipe learning cell diuraikan bahwa,
peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari pelaksanaan pra
siklus, siklus I ke siklus II terdapat peningkatan yang
memuaskan. peserta didik aktif dalam proses pembelajaran,
sehingga materi pelajaran dapat diterima dengan baik.
Penggunaan metode cooperative tipe learning cell sangat
membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran,
cara belajar aktif yang ditekankan di metode ini menjadikan
peserta didik lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:32
Last Modified: 05 Aug 2024 03:32
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item
View Item