URVA, MAGFIRA (2024) PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
SKRIPSI MAGFIRA URVA.pdf
Download (3MB)
Abstrak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru dalam
implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI
di SMP Negeri 1 Sinjai ialah modifikasi kurikulum, bahan ajar yang
bervariasi, gaya dan kebutuhan sesuai dengan materi pembelajaran,
peserta didik yang aktif baik secara individual ataupun kelompok,
pertanyaan pemantik, asessmen diagnostik, kebebasan bagi peserta
didik dan lingkungan belajar yang nyaman, tentram dan kondusif. (2)
faktor pendukung dan penghambat guru dalam menerapkan
pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri
1 Sinjai ialah
guru yang berkualitas, dukungan kepala sekolah,
fasilitas yang mendukung, pelatihan atau workshop bagi guru,
kolaborasi antar guru dengan orang tua dan peserta didik yang baik
serta lingkungan belajar yang mendukung sedangkan faktor
penghambatnya ialah waktu yang terbatas, keberagaman psikologis
peserta didik, keterbatasan LCD, pelatihan yang perlu dilakukan
secara berkelanjutan, jaringan internet kurang mendukung, dan
ketidaksesuaian diferensiasi dengan keinginan peserta didik.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:12 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:12 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1594 |