IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI BULLYING ( STUDI PONDOK PESANTREN DARUL ISHLAH BULUKUMBA )

BAHARI, MUSTAJAB (2024) IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI BULLYING ( STUDI PONDOK PESANTREN DARUL ISHLAH BULUKUMBA ). Tesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of TESIS MUSTAJBA NIM _220112013.pdf] Text
TESIS MUSTAJBA NIM _220112013.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa Konsep PAI
dalam mengatasi bullying di Pesantren adalah melalui
pembentukan moral dan akhlak yang baik dengan merujuk
kepada konsep Al Qur,an dan Hadis Rasulullah SAW, dimana
internalisasi Konsep PAI tersebut diformat dalam bentuk
tarbiyah,ta,lim dan ta,dib. Adapun bentuk-bentuk Implementasi
Konsep PAI dalam mengatasi bullying verbal dan non verbal di
Pondok Pesantren Darul Ishlah adalah melalui pembentukan
karakter kepribadian santri, peningkatan kohesivitas sosial
santri, pembiasaan sopan santun dan ramah tamah, pemberian
hukuman dan penghargaan, serta memberikan keteladanan (
uswah ). Faktor pendukung usaha Implentasi Konsep PAI di
Pondok Pesantren Darul Ishlah dalam mengatasi bullying
verbal dan non verbal adalah : Figur teladan Pimpinan Pondok
Pesantren, soliditas jamaah, program dakwah yang dijalankan,
sarana dan prasarana yang memadai. Sementara yang menjadi
faktor penghambatnya adalah : membutuhkan pengawasan
yang intens, karakter kepribadian santri yang yang berbeda
beda dengan latar belakang budaya dan kebiasaan yang
heterogen, penggunaan media sosial ( HP ) dan kurangnya
penghayatan santri terhadap nilai-nilai PAI.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:49
Last Modified: 03 Oct 2024 01:49
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item
View Item