YACUB, MUHAMMAD (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTS NEGERI 1 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
MUHAMMAD_YACUB.pdf
Download (2MB)
Abstrak
Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2
tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0.05. Hal ini mengindikasikan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran
kontekstual terhadap hasil belajar kognitif dan afektif peserta didik. Selain
itu, hasil uji hipotesis aspek afektif dengan uji-t menunjukkan nilai sig <
0.05 (5%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan dari model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar
afektif peserta didik.
Perbedaan signifikan antara pretest dan posttest ini menunjukkan bahwa
hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
kontekstual efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif
peserta didik kelas VII D MTs Negeri 1 Sinjai.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 03:31 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:31 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1608 |