EFEKTIVITAS PERMAINAN KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KALAM SISWA KELAS XI MAN 1 SINJAI

NURMIANTI, NURMIANTI (2023) EFEKTIVITAS PERMAINAN KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KALAM SISWA KELAS XI MAN 1 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSI  NURMIANTI.pdf] Text
SKRIPSI NURMIANTI.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
permainan KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terbukti efektif
dalam meningkatkan maharah kalam siswa kelas XI di MAN 1
Sinjai. Bukti nyata dari hasil analisis adalah terjadi peningkatan
skor pada post-test dibandingkan dengan skor pada pre-test.
Sebelumnya, skor tertinggi pada pre-test adalah 67, namun
setelah pembelajaran dengan permainan KOKAMI, skor
tertinggi pada post-test meningkat menjadi 90. Selain itu,
terdapat perbedaan skor terendah antara pre-test dan post-test,
dimana pada pre-test, skor terendah adalah 44, sedangkan pada
post-test, skor terendah meningkat menjadi 70. Secara
keseluruhan, rata-rata skor meningkat dari 55,84 pada pre-test
menjadi 81,05 pada post-test. Hasil pengujian hipotesis juga
mendukung kesimpulan ini dengan diperolehnya nilai sig
sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan
adanya perbedaan yang signifikan antara skor maharah kalam
siswa sebelum dan setelah penerapan permainan KOKAMI.
Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: asriani
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:07
Last Modified: 07 Oct 2024 03:07
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item
View Item