PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA MADRASAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MA MURSYIDUT THULLAB LEMBANNA

SAFRI, SAFRI (2023) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA MADRASAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MA MURSYIDUT THULLAB LEMBANNA. Tesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

Full text not available from this repository.

Abstrak

Berdasarkan hasil analisis uji t telah dilakukan gaya kepemimpinan situasional
kepala kepala sekolah/madrasah (X1) secara parsial, diperoleh nilai t hitung 4,022 > t tabel
2,035 dengan nilai sig. 0,000 < nilai 0,05. artinya variabel gaya kepemimpinan situasional
kepala madrasah (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru (Y) karena gaya
kepemimpinan situasional telah diterapkan dengan baik. untuk hasil analisis uji t variabel
iklim kerja (X2) secara parsial diperoleh nilai t hitung 3,227 > t tabel 2,035 dengan nilai sig.
0,003 < nilai 0,05. artinya variabel X2 berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru
(Y) karena penerapan iklim kerja yang sesuai dengan tepat. Berdasarkan uji t yang telah
dilakukan dapat dibuktikan bahwa hipotesis pertama dan kedua dinyatakan diterima.
Sementara hasil uji f variabel gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah (X1) dan
variabel iklim kerja (X2) secara simultan diperoleh nilai f hitung 25,187 > f tabel 3,280 atau
nilai sig. 0,000 <
0,05 hal ini mengindikasikan bahwa variabel X1 dan X2 berpengaruh
secara signifikan terhadap variabel kinerja guru (Y), berdasarkan uji f yang telah dilakukan
dapat dibuktikan bahwa hipotesis ketiga dinyatakan diterima. Dari hasil uji analisis
disimpulkan bahwa total kontribusi gaya kepemimpinan kepala madrasah dan iklim kerja
terhadap kinerja guru berpengaruh sebesar 60,4% hal ini berarti adanya variabel lain yang
mempengaruhi sebesar 39,6% yang tidak di uji dalam penelitian ini.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 22 Jan 2025 06:48
Last Modified: 22 Jan 2025 06:48
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item
View Item