JAMIL, RESKI AULIA (2024) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 5B MIN 2 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Full text not available from this repository.Abstrak
Hasil
penelitian
menunjukkan bahwa nilai yang yang didapatkan dengan jumlah
responden 22 orang didapatkan hasil penelitian yakni setelah
dilakukan uji t diperoleh nilai thitung = 2,353. Adapun ttabel
dengan 22 responden dan 2 (dua) variabel ditemukan ttabel
sebesar 0,4227 artinya artinya thitung 2,353 > 0,422 yang berarti
bahwa terdapat pengaruh metode bermain terhadap keaktfan
belajar. Ini juga menunjukkan bahwa H0 dtolak dan H1 diterima
yang berarti metode bermain peran berpengaruh keaktifan
belajar peserta didik di kelas 5B MIN 2 Sinjai. Uji f dengan
diperoleh nilai nilai fhitung = 13,450. Adapun ftabel dengan 22
responden dan 2 (dua) variabel ditemukan sebesar 0,4227
artunya, fhitung 13,450 > 0,4227 maka H0 ditolak dan H1
diterima. Artinya terdapat pengaruh metode bermain peran
terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik dikelas 5B MIN 2 Sinjai. Selain itu juga dilakukan uji
besar pengaruh yang menunjukkan bahwa nilai koefisien
determinasi R=634 dan koefisien determinasi yang telah
disesuaikan sebesar 0,402. Berdasarkan table kategorisasi
pengujian, artinya metode bermain peran terhadap keaktifan
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dikelas 5B
MIN 2 Sinjai dengan besar pengaruh 40,2 %sedangkan sisanya
(100% - 40,2 = 59,8%) dipengaruhi oleh aspek-aspek lain
terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik dikelas 5B MIN 2 Sinjai.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 06:29 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 06:29 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1641 |