NURFIQYA, NURFIQYA (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SMP NEGERI 1 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Full text not available from this repository.Abstrak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam strategi
pembelajaran yang berbasis Multiple Intelligences, utamanya perlu
memetakan jenis kecerdasan siswa agar mudah melaksanakan
pembelajaran dan sesuai dengan tujuan kompleks yang tercapai
sesuai apa yang diharapkan. Ada banyak strategi yang digunakan
oleh guru dalam mata pelajaran PAI untuk menjalankan proses
pembeblajaran berbasis Multiple Intelligences misalnya dalam
kecerdasan visual-lingustik dilaksanakan diskusi, belajar mandiri dan
storytelling. Dalam kecerdasan auditorial digunakan ceramah,
pemutaran video dan juga instrumental. Terakhir, dalam kecerdasan
kinestetik digunakan praktikum, kegiatan lapangan, dan juga
membuat karya hasil kerajinan tangan. Kelebihan dan kekurangan
yang ada dalam tiap jenis kecerdasan siswa bukanlah hal yang
bersifat mutak, karena bisa saja terdapat seoarng siswa yang
memiliki jenis kecerdasan yang ganda, misalnya antara kinestetik
dan linguistik, auditorial dan kinestetik atau selainnya. Ketiga
modalitas kecerdasan ini, sederhanya dapat dipahami bahwa seorang
anak dengan jenis kecerdasan kiestetik belajar melalui apa yang
mereka lihat, auditorial belajar dengan cara mendengar dan kinestetik
belajar dengan gerak, bekerja dan menyentuh.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 06:48 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 06:48 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1648 |