SAJADAH, SAJADAH (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 1 BALANGNIPA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Full text not available from this repository.Abstrak
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Implementasi kurikulum merdeka belajar
di SDN 1 Balangnipa dilakukan melalui beberapa tahap, antara lain: a) perencanaan
pembelajaran, perencanaan yang dilakukan guru yaitu dengan berkolaborasi melalui
diskusi terkait capaian pembelajaran (CP), penentuan tujuan, penyusunan alur tujuan
(ATP) dan modul ajar untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran, b) pelaksanaan
pembelajaran, guru melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran
berbasis simulasi dan melaksanakan pembelajaran berdeferensiasi, c) evaluasi
pembelajaran, guru melakukan evaluasi secara menyeluruh, dimulai dari stuktur
kurikulum, pembelajaran, assesmen, penggunaan perangkat ajar hingga Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). (2) faktor pendukung dan penghambat
dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, faktor pendukung yaitu dari
penjelasan narasumber dalam temuan penelitian adanya platform merdeka mengajar
sangat membatu kepala sekolah, guru dan peserta didik mengatasi permasalahan
yang mereka hadapi serta adanya buku-buku kurikulum merdeka, diskusi antar guru
dan webinar, selain itu faktor penghamat kurangnya waktu guru untuk belajar
menggunakan platform merdeka mengajar secara optimal.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:45 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1652 |