NURHIDAYAH, NURHIDAYAH (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU WICARA) DI SLBN 1 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Full text not available from this repository.Abstrak
Peneliti menemukan beberapa temuan dari penelitian
yang dilakukan di SLBN 1 Sinjai, antara lain: 1) Strategi
pembelajaran PAI untuk anak berkebutuhan khusus (tunarungu
wicara) di SLB Negeri 1 Sinjai yang digunakan oleh guru
terdapat beberapa kesamaan antara strategi pembelajaran yang
digunakan di sekolah umum dan di SLB Negeri 1 Sinjai
perbedaanya hanyalah pada cara menjelaskannya dimana guru
harus memakai bahasa isyarat dan menyiapkan alat bantu
dengar seperti Implan Koklea dalam proses pembelajaran. 2)
Kendala dan solusi strategi pembelajaran pai untuk anak
berkebutuhan khusus tunarung wicara di SLB Negeri 1 Sinjai.
Diantara kendalanya yaitu; kurangnya pelatihan khusus
berbahasa isyarat untuk guru dan harus belajar otodidak serta
siswa yang kurang fokus menerima materi. Adapun yang
menjadi solusi dalam strategi pembelajaran PAI di SLB Negeri
1 Sinjai adalah; terdapat program-progrm yang dibuat sekolah
untuk menunjang komunikasi siswa dengan guru dengan
membuat kegiatan KOMBEL dan membuat kegiatan
kerohaniaan untuk menunjang pemahaman kagamaan siswa
tunarungu wicara, dan tersedianya beberapa media khusus yang
digunakan guru dalam menunjang kelancaran proses belajar
mengajar di kelas.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:44 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1669 |