AM, ANDI RAHMADANA (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI NO 4 BALANGNIPA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Full text not available from this repository.Abstrak
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa : 1) Model pembelajaran Index
Card Match efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri No 4
Balangnipa; 2) Model pembelajaran PAIKEM tidak efektif terhadap hasil belajar
peserta didik kelas IV SD Negeri No 4 Balangnipa; 3) Model pembelajaran Index
Card Match dan model pembelajaran PAIKEM tidak efektif secara bersama-sama
terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri No 4 Balangnipa. Hal ini
dibuktikan uji normalitas dianalisis dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk, diperoleh
nilai Sig untuk kelas IV.A sebesar 0,106 dan nilai Sig untuk kelas IV.B sebesar
0,120. Dari hasil uji normalitas data kedua sampel diperoleh nilai Sig lebih besar dari
0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar Post-test kelas IV.A dan kelas
IV.B berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan menggunakan
SPSS versi 25 sebesar menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji Paired T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) senilai 0,000 yang
lebih kecil dari pada α = 0,05 (sig (2 tailed) < α = 0,05) dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar dari model Index Card
Match dan model pembelajaran PAIKEM. Jadi model pembelajaran Index Card
Match efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas 4 SD Negeri No 4
Balangnipa.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 02:30 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 02:30 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1694 |