INTEGRASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PAI (STUDI SMP NEGERI 5 SINJAI)

WAHYUDI, YUSRIL (2024) INTEGRASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PAI (STUDI SMP NEGERI 5 SINJAI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

Full text not available from this repository.

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, pelaksanaan Profil Pelajar
Pancasila di SMP Negeri 5 Sinjai menunjukkan integrasi yang menyeluruh dari
nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek pendidikan berupa kegiatan
kokurikuler, kegiatan intrakurikuler kegiatan ekstrakurikuler, dan budaya sekolah
yang mendukung. Kedua, Profil Pelajar Pancasila telah terintegrasi ke dalam
pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Sinjai yang memuat 6 dimensi pokok: (1)
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia dalam
aspek akhlak terhadap Tuhan Yang Maha Esa, akhlak terhadap diri pribadi,
akhlak terhadap sesama, akhlak terhadap lingkungan, serta akhlak terhadap
bangsa dan negara; (2) Berkebhinekaan Global dalam aspek mengenal dan
menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, serta refleksi
terhadap pengalaman kebhinekaan; (3) Bergotong Royong dalam aspek
kolaborasi, kepedulian, serta berbagi; (4) Mandiri dalam aspek kesadaran akan
diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri; (5) Bernalar Kritis dalam aspek
memperoleh informasi dan gagasan, menganalisis penalaran, serta merefleksi
pemikiran sendiri; dan (6) Kreatif dalam aspek menghasilkan gagasan yang
orisinal, menghasilkan karya yang orisinal, serta memiliki keluwesan berpikir.
Ketiga, Faktor pendukung pengintegrasian dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam
pembelajaran PAI yaitu: (1) Tersedianya fasilitas sekolah yang mendukung; (2)
Modul ajar yang mendukung; (3) Buku paket yang memudahkan guru; (4)
Lingkungan belajar yang kondusif; (5) Guru PAI yang kompeten; (6) Siswa yang
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran; dan (7) Kegiatan kokurikuler P5 untuk
mengenalkan kepada siswa tentang Profil Pelajar Pancasila. Adapun faktor
penghambat yaitu: (1) Kurangnya ketersediaan fasilitas sekolah; (2) Kurangnya
ketersediaan buku paket yang mencukupi; (3) Minimnya pemahaman dasar siswa
terkait dengan Profil Pelajar Pancasila; dan (4) Siswa yang kurang disiplin.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 19 Apr 2025 01:21
Last Modified: 19 Apr 2025 01:21
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item
View Item