WULAN, SRY (2024) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME LEV SEMENOVICH VYGOTSKY DALAM PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK DI UPTD SMPN 14 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Full text not available from this repository.Abstrak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan aspek kognitif
peserta didik. Pertama, Pendidik menerapkan metode ceramah, bermain peran,
metode praktek, metode diskusi, metode demonstrasi, metode keteladanan, metode
tutor sebaya dengan model pembelajaran problem based learning, project based
learning menggunakan sistem evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Metode
pembelajaran digunakan berbagai media dan alat yang disesuaikan dengan fasilitas
sekolah berupa papa tulis, spidol LCD dan laptop. Pendidik dalam membantu peserta
didik dalam pengembangan kognitifnya pendidik menerapkan kelas pengayaan dan
remedial dengan pemberian motivasi belajar berupa jam dan tugas tambahan. Adapun
faktor yang mendukung ialah penggunaan bahasa, media dan alat belajar, metode,
penilaian yang disesuaikan pada peserta didik serta lingkungan sekolah. Pendidik
melakukan bimbingan khusus, bertahap dan pengayaan dalam pengembangan
kognitif peserta didik. Adapun faktor penghambat ialah penggunaan media belum
maksimal, fasilitas kurang memadai, Motivasi dan minat belajar masih kurang,
penggunaan model dan metode pembelajaran yang kurang maksimal.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 01:23 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 01:23 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1707 |