PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM MELALUI METODE JIGSAW SISWA KELAS V SDN 140 BATUSANTUNG

RAZAK, IRWAN (2019) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM MELALUI METODE JIGSAW SISWA KELAS V SDN 140 BATUSANTUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

Full text not available from this repository.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu meruapakan salah
satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas peran dan
tanggung jawab guru khususnya dalam pengelolaan pembelajaran. Adapun model
penelitian yang dilakukan penulis adalah model Kurt Lewin. Kurt Lewin
menjelaskan bahwa ada empat hal yang harus dilakukan dalam proses penelitian
tindakan kelas yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian
ini melibatkan peserta didik SDN 140 Batusantung kelas V sebagai subjek, dan
peneliti sebagai observer dengan jumlah peserta didik 22 orang. Data diambil dengan
menggunakan angket dan observasi selama proses pembelajaran.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Cooperative Learning
Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS tentang kenampakan alam di SDN 140
Batusantung kelas V dilakukan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan
melakukan rencana pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan evaluasi yang
dapat mendorong keaktifan peserta didik agar peserta didik semangat dalam belajar.
(2) Terdapat peningkatan keaktifan peserta didik melalui metode Cooperative
Learning Tipe Jigsaw Pada mata pelajaran IPS tentang kenampakan alam di SDN
140 Batusantung kelas V ini terlihat dari hasil observasi dan diperkuat dengan hasil
Pre Test dan Post Test yang telah diisi pada siklus Idan II. Menentukan kategori
angket peserta didik yang masuk sangat baik dengan presentase 80% - 100%, yang
masuk kategori baik dengan presentase 70% - 79%, yang masuk kategori cukup
dengan presentase 60% - 69%, dan yang termasuk kurang ≤ 59%. Dari hasil Tes
Awal peserta didik pada siklus I nilai rata-rata sebesar 66 dan mencapai persentase
67% dan siklus II nilai rata-rata sebesar 71 dan mencapai persentase 81%. Berarti
peningkatan keaktifan dari siklus I kesiklus II sebesar 29,4%.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 26 Apr 2025 01:40
Last Modified: 26 Apr 2025 01:40
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item
View Item