MARJUKI, MARJUKI (2021) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MICROSOFT OFFICE 365 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA DARUL HUFFADH TUJU-TUJU KAJUARA KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Full text not available from this repository.Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
(true experiment) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data
menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisis data awal dilakukan
menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Sementara analisis data setelah
pemberian perlakuan berupa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Berbasis Microsoft Office 365 menggunakan uji satu pihak yaitu uji T pihak
kanan. Pengujian data sampel untuk menentukan ada tidaknya perbedaan hasil
belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan uji paired
sample t-test. Berdasarkan tabel uji paired samples t-test diperoleh nilai sig. (2
tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis uji t untuk kelas eksperimen
menghasilkan nilai t-hitung = 51,276. Berdasarkan tabel t, nilai t-tabel dengan df
= 23 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,71. Nilai tersebut menunjukkan bahwa t
hitung > t-tabel. Hasil post-test setelah menggunakan model pembelajaran
langsung adalah 68,52, sedangkan setelah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw berbasis Microsoft Office 365 diperoleh rata-rata sebesar
82,72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw berbasis Microsoft Office 365 efektif dalam meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas X MA Darul Huffadh Tuju-Tuju Kajuara
Kabupaten Bone.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 26 Apr 2025 01:52 |
Last Modified: | 26 Apr 2025 01:52 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1715 |