ANALISIS PENERAPAN BUDAYA MAPPATABE’ DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI SMPN 7 SINJAI

JANNA, HASRATUL (2024) ANALISIS PENERAPAN BUDAYA MAPPATABE’ DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI SMPN 7 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

Full text not available from this repository.

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya Mappatabe’
mengalami pergeseran karena kurikulum yang berfokus pada STEM, rotasi
guru yang tinggi, serta pengaruh teknologi dan media sosial. Kurikulum
modern dan media sosial mengurangi perhatian terhadap budaya lokal,
sementara urbanisasi dan kesibukan orang tua juga mengurangi keterlibatan
dalam pelestarian budaya. Pandangan pendidikan Islam menunjukkan
hubungan yang saling mendukung, di mana nilai-nilai Mappatabe’ seperti
sopan santun selaras dengan ajaran Islam tentang akhlak. Integrasi pendidikan
Islam dalam kegiatan seperti "Jumat Ibadah" memperkuat budaya Mappatabe’,
dan siswa menilai integrasi ini positif dengan harapan untuk peningkatan
keterlibatan keluarga dan masyarakat.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:45
Last Modified: 30 Apr 2025 03:45
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item
View Item