NURAISYAH, NURAISYAH (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TARTIL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IX UPT SMP NEGERI 1 KAHU KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Full text not available from this repository.Abstrak
Hasil penelitian tes kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kedua kelas
diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen mencapai 34.65% dan post-test
mencapai 72.93%. Sementara nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol 36.77%
dan post-test mencapai 38.83%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan
membaca Al-Qur‟an siswa pada kelas eksperimen meningkat sebesar 36.86%
setelah menerapkan metode tartil dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak
menggunakan metode tartil hanya sebesar 2.06%. Hasil Uji Paired Sample t Test
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan bermakna antara dua kelompok, hal ini
terlihat dari nilai t hitung 22.441 (Kelas Kontrol) dan 53.227 (Kelas Eksperimen)
> t tabel 2.002 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Penerapan Metode Tartil efektif Terhadap Kemampuan
Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas IX UPT SMP Negeri 1 Kahu Kecamatan Kahu
Kabupaten Bone.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 06:07 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 06:07 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1725 |