UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMAN 5 SINJAI

ASTUTI, ANDI DEWI (2024) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMAN 5 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

Full text not available from this repository.

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan, Pertama, Kemampuan baca tulis al-qur’an ialah
kemampuan untuk membaca dan menulis al-qur’an yang baik dan benar yang sesuai
dengan ilmu tajwidnya. Tidak hanya pintar dalam membaca dan menulis al-qur’an
dengan baik dan benar tetapi juga mampu untuk memahami kandungan dari ayatayat
yang dibaca. Siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis alqur’an
akan terlebih dahulu dibimbing mengenalkan huruf-huruf hijaiyyah kemudian
akan dibimbing dalam membaca sesuai dengan ilmu tajwidnya. Tujuan dari
pelaksanaan baca tulis al-qur’an ini guna untuk memberantas buta aksara kitab suci
baik dari segi memperbaiki bacaan al-qur’annya maupun tajwidnya, selain itu
dengan adanya baca tulis al-qur’an ini diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan
terhadap al-qur’an serta memberikan pemahaman agam yang mendalan kepada
peserta didik. Kedua, selain menggunakan media pembelajaran untuk menarik minat
belajar peserta didik tenaga pendidik juga perlu untuk menggunakan metode yang
sesuai dalam membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca
dan menulis al-qur’an. Tenaga pendidik akan memberikan motivasi belajar kepada
peserta didik yang mengalami kesulitan, kemudian tenaga pendidik akan memberikan
pelajara terstruktur atau berkesinambungan untuk memastikan bahwa siswa dapat
memahami aturan-aturan bacaan al-qur’an dan memberikan latihan rutin baik
membaca maupun menulis al-qur’an serta melakukan pendekatan individu dengan
memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik guna membantu mereka untuk
mendapatkan perhatian dan arahan yang lebih spesifik dengan metode iqra dan
tilawati. Ketiga, dengan demikian berikut adalah faktor penghambat dalam
meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur’an: a) Kurangnya minat dalam
mempelajari baca tulis al-qur’an. b) Kurangnya motivasi dari dalam diri peserta
didik. c) Peserta didik yang memiliki kedisiplinan yang minim. d) Tidak adanya
kesadaran diri untuk terus belajar memperbaiki bacaan al-qur’annya. Berikut adalah
faktor pendukung baca tulis al-qur’an: Siswa yang memiliki semangat untuk belajar,
Dukungan dari kepala sekolah dan tenaga pendidik, Pendidik yang memiliki
kualifikasi yang baik dalam membaca al-qur’an, Pemberian motivasi kepada peserta
didik, Penggunaan sarana dan prasana yang memadai, Lingkungan yang kondusif.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:06
Last Modified: 24 Jun 2025 03:06
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item
View Item