STRATEGI PEMBINA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB (SEKOLAH LUAR BIASA) KAB. SINJAI

JANNAH, MIFTAHUL (2021) STRATEGI PEMBINA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB (SEKOLAH LUAR BIASA) KAB. SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSI ITHA.pdf] Text
SKRIPSI ITHA.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa strategi pembina dalam mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak tunarungu yaitu: Pertama, mengajarkannya bahasa bibir dan pendekatan individual dengan menggunakan buku Iqra‟ untuk memperkenalkan huruf hijaiyah dan juga menggunakan bantuan bunyi suku kata awal dengan metode kartu huruf dan gambar. Kedua faktor penghambat dan pendukung pembina dalam mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak tunarungu yaitu faktor penghambatnya: Kurangnya minat belajar dalam kelas, suasana hati siswa yang suka berubah, kurangnya motivasi belajar. Sedangkan faktor pendukungnya adalah: sarana dan prasaraa, peran orang tua, Pembina dapat memahami karakteristik siswa.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 28 Jun 2025 06:14
Last Modified: 28 Jun 2025 06:14
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1759

Actions (login required)

View Item
View Item