PENGARUH TINGKAT DISPOSABLE INCOME DAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN HUKUM ISLAM UIAD SINJAI

AGUSTIN, SUCI (2024) PENGARUH TINGKAT DISPOSABLE INCOME DAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN HUKUM ISLAM UIAD SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SUCI AGUSTIN.pdf] Text
SUCI AGUSTIN.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat disposable income, dan tingkat pengetahuan terhadap minat menabung mahasiswa di PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI). Penelitian ini menggunakan sampel 83 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam UIAD Sinjai. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 29. Untuk mengetahui pengaruh tingkat disposibel income dan tingkst pengetahuan terhadap minat menabung di PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI), digunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat uji IBM SPSS 29. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel disposibel income dan pengetahuan mahasiswa memberikan pengaruh terhadap minat menabung mahasiswa di PT. Bank Rakyat Indonesia. Hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel tingkat disposibel income dan tingkat pengetahuan secara bersama-sama mempengaruhi minat menabung mahasiswa di PT. Bank Rakyat Indonesia. Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa masing-masing variabel, yaitu tingkat disposibel income dan tingkat pengetahuan, memberikan pengaruh positif terhadap minat menabung mahasiswa di PT. Bank Rakyat Indonesia.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 28 Jun 2025 07:06
Last Modified: 30 Jun 2025 02:26
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item
View Item