UPAYA GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI SLB NEGERI 1 SINJAI

KARMILA, KARMILA (2023) UPAYA GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI SLB NEGERI 1 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSI KARMILA.pdf] Text
SKRIPSI KARMILA.pdf

Download (5MB)

Abstrak

Hasil penelitian menujukkan upaya guru kelas dalam mengembangkan interaksi sosial anak autisme. Ada beberapa upaya dan cara yang dilakukan guru kelas dalam memberikan pembelajaran dan pendampingan kepada anak autisme sehingga ada perkembangan yang dialami oleh anak autisme dalam melakukan interaksi dan komunikasi pada lingkungan sekitar. (1) Guru kelas mampu menjadi pembimbing, pelatih, pengajar sekaligus menjadi orang tua bagi anak di sekolah. Guru kelas memastikan agar anak merasa aman dan nyaman selama berada di lingkungan sekolah oleh karena itu pada saat anak pertama kali memasuki lingkungan sekolah guru kelas melakukan assessment terhadap anak. Upaya guru kelas dalam manangani anak autisme sangat efektif dan cukup optimal dalam membantu perkembagan kepribadaian anak autisme dalam berinteraski sosial, anak autisme juga mendapatkan banyak penanganan dalam mengatasi permasalahan atau kesulitan yang mereka alami. (2) Adanya dukungan dari guru dan semua yang terlibat dalam lingkungan sekolah dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosialnya. Kurangnya media atau fasilitas khusus bagi anak autis, contohnya meja belajar khusus dan layar proyektor Serta kurangnya minat anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar menjadi faktor penghambat bagi perkembangan interaksi sosial bagi anak autisme.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:57
Last Modified: 04 Jul 2025 07:57
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item
View Item