STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI UPT SMA NEGERI 9 KABUPATEN SINJAI

RUSLI, NURFADILLAH (2024) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI UPT SMA NEGERI 9 KABUPATEN SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSI NURFADILLAH.pdf] Text
SKRIPSI NURFADILLAH.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru bimbingan konseling dalam menangani kejenuhan belajar siswa pada program full day school Di UPT SMA Negeri 9 Sinjai Proses pelaksanaan bimbingan individu yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling terdapat beberapa tahapan yaitu tahap awal yaitu dengan cara memanggil siswa yang merasakan kejenuhan belajar, melakukan pendekatan atau membangun hubungan yang baik dengan siswa hal iini dilakukan agar siswa memperoleh kenyamanan untuk bercerita kepada guru bimbingan konseling sehingga ketika diberi nasehat siswa akan melaksanakan nasehat yang diberikan, dan tahap akhir yaitu setelah siswa sudah ada perubahan barulah proses bimbingan diakhiri. Adapun Faktor pendukung bimbingan individu untuk menangani kejenuhan belajar siswa yaitu adanya kerjasama siswa itu sendiri seperti keterbukaan dalam menerima motivasi, arahan, dan nasehat yang diberikan, adanya kerjasama dengan wali kelas, dan juga adanya kemauan kerjasama orang tua siswa untuk lebih memperhatikan dan membimbing anaknya sehingga seorang siswa tidak hanya mendapatkan bimbingan secara individu di lingkungan sekolah tetapi juga mendapatkan kontrol dan bimbingan ketika berada diluar lingkungan sekolah sehingga memungkinkan masalah kenakalan siswa dapat teratasi.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 12 Jul 2025 02:07
Last Modified: 12 Jul 2025 02:07
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item
View Item