PERBANDINGAN METODE CERAMAH DAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 SINJAI

RAHMATIAH, RAHMATIAH (2019) PERBANDINGAN METODE CERAMAH DAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 SINJAI. Tesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of RAHMATIAH.pdf] Text
RAHMATIAH.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini ditunjukkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode ceramah pada peserta didik kelas XI MIPA I disimpulkan bahwa terjadi peningkatkan motivasi belajar peserta didik selama dilakukannya treatment dengan besaran peningkatannya dapat dilihat dari nilai Pre-Test dan Post-Test yaitu, skor terendah (Minimum) yang diperoleh peserta didik pada angket Pre-Test Motivasi belajar kelas XI MIPA 1 adalah 43 dengan skor tertinggi (Maximum) adalah 77 dengan rata-rata skor (Mean) 62,38) dan standar deviasi 7,461, sedangkan skor terendah (Minimum) yang diperoleh peserta didik pada angket Post-Test Motivasi belajar kelas XI MIPA 1 adalah 57 dengan skor tertinggi (Maximum) adalah 93 dengan rata-rata skor (Mean) 69,50 dan standar deviasi 7,758. 2) Penerapan metode problem solving pada peserta didik kelas XI MIPA 3 disimpulkan terjadi peningkatan motivasi belajar berdasarkan data yang telah diuji selama treatment, dengan besaran peningkatannya dapat dilihat dari nilai Pre-Test dan Post-Test yaitu skor terendah (Minimum) yang diperoleh peserta didik pada angket Pre-Test Motivasi belajar kelas XI MIPA 3 adalah 56 dengan skor tertinggi (Maximum) adalah 84 dengan rata-rata skor (Mean) 68,62 dan standar deviasi 8,196, sedangkan skor terendah (Minimum) yang diperoleh peserta didik pada angket Post-Test Motivasi belajar kelas XI MIPA 3 adalah 62 dengan skor tertinggi (Maximum) adalah 89 dengan rata-rata skor (Mean) 77,14 dan standar deviasi 6,983. 3) Penerapan metode problem solving lebih tinggi daripada motivasi belajar peserta didik pada metode ceramah. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (4,025 > 2,042) dan P value (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan antara rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA I dan kelas XI MIPA 3. Pada tabel group statistic terlihat rata-rata

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 26 Nov 2020 08:03
Last Modified: 26 Nov 2020 08:03
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item
View Item