PENGARUH KESULITAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 SINJAI

ABUZAR, ABUZAR (2020) PENGARUH KESULITAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 SINJAI. Tesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of TESIS HASIL ABUZAR.ok banget.pdf] Text
TESIS HASIL ABUZAR.ok banget.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan persamaan garis regresi dan pengujiannya. Persamaan garis regresi dapat diperoleh dari kolom Unstandardized Coefficients (B). Dengan demikian persamaan garis regresinya adalah: Y’ = 246,464 + 0,0368 X1 + 1,179 X2 Untuk menguji koefisen garisnya dapat dilihat pada kolom t dan sig. Pengujian koefisien garis regresi dilakukan sebagai berikut: Untuk variabel Kesulitan (X1) ditemukan nilai b1 = 0,368 dengan t = 1,885 dan Sig. = 0,069. Oleh karena nilai sig. > 0,05 maka Ho (β1 = 0) diterima yang artinya variabel kesulitan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar jika minat belajar dikendalikan/dikontrol. Untuk variabel minat belajar (X2) ditemukan nilai b2 = 1,179 dengan t = 2,448 dan Sig. = 0,020. Oleh karena nilai sig. < 0,05 maka Ho (β2 = 0) ditolak yang artinya variabel minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar jika variabel kesulitan belajar dikendalikan/dikontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesulitan tidak berpengaruh secara signifikan jika dibandingkan dengan minat yang berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar bahasa arab siswa MIN 2 Sinjai.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 20 Mar 2021 06:12
Last Modified: 20 Mar 2021 06:12
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item
View Item