PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-HIDAYAH BATULAPPA

NILAM, NITA SUKMA (2020) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-HIDAYAH BATULAPPA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI NITA.pdf] Text
SKRIPSI NITA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reward memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, diketahui thitung pemberian reward (X1) lebih besar dari ttabel (3,832 > 1,988) dan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05, sedangkan untuk variabel X2 terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara pemberian punishment dan motivasi belajar, dimana ttabel lebih besar dari thitung (1,988 > 0,654) dan dengan nilai probabilitas lebih besar dari taraf signifikansi 5 % yakni 0,515 > 0,05. Dan pada tabel model vsummaryi dengan melihat R square= 0,129 atau 12,9%, jadi besar peranan atau pengaruh pemberian reward (X1) dan punishment (X2) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Hidayah Batulappa adalah sebesar 12,9%, artinya berada pada kategori berpengaruh rendah.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 27 Mar 2021 07:44
Last Modified: 27 Mar 2021 07:44
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item
View Item